Popular Post

Posted by : a September 22, 2012

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Halooooooo......!!!!! Ketemu lagi sama saya... Hahaaa...
Kali ini saya mau sharing pengalaman masang domain custom(dapet beli promo) di Blogger atau biasa disebut blogspot. :D

Jadi ceritanya saya beli domain www.fhiyuki.asia buat si Pinot Pahrinot mumpung promo(cuma 20rebu di masterkey.masterweb.com :D ) & buat kado Ulang Tahun dia gitu dah 29 September nanti, Si Imel jadi pengen Hahaaaa... :p

Setelah domain resmi jadi milik saya, untuk sementara domain fhiyuki.asia tadi di pasang dulu di blog cadangan(blog buat ngetest gitu dah) yg agha-clon.blogspot.com sambil menunggu setingan di freedns kelar sekitar 15 menit paling cepat, paling lama 3x24 jam.

Waktu mau pasang domain fhiyuki.asia tadi di akun blog Pinot ternyata keluar error 12, sempat pusing juga tuh apa penyebabnya. Karena waktu awal domain fhiyuki.asia di pasang di blog cadangan gak ada error sama sekali alias langsung bisa. >,<

Setelah di uwak uwik sendiri & petunjuk dari blogger, Ternyata sekarang(mulai tanggal 20 september kemaren mungkin) kalo pasang custom domain di blogger ada yg beda, gak kaya dulu langsung pasang terus jadi. Sekarang mesti bikin 2 CNAME di cpanel freedns/tempat kalian hosting.

CNAME pertama seperti biasanya, nah CNAME kedua ini yg agak berbeda & setiap domain yg di pasang di akun blogger berbeda pengaturan untuk CNAME kedua. Jadi kalau suatu domain di pasang di blog A & di pindahkan ke Blog B(dengan catata Blog A & Blog B bukan 1 email log-in tapi berbeda email log-in), pengaturan CNAME yg kedua ini mesti di rubah juga di freedns/tempat hosting.

Jadi intinya kalau sekarang mau pasang custom domain entah itu .com .net .org .web.id .asia dan lain sebagainya di blogger, harus menambahkan satu lagi pengaturan CNAME.

Nah untuk mengetahui pengaturan CNAME yg kedua ini pertama harus masuk ke akun Blogger dahulu, masuk setelan => dasar lalu di bagian penerbitan klik "tambahkan domain khusus".
Kalau langsung memasukan Domain yg masih memakai 1 CNAME maka akan keluar peringatan error 12 seperti pada gambar.


Solusinya, kalian harus memasukan atau menambahkan pengaturan CNAME kedua seperti yang saya bilang di awal, untuk mengetahui pengaturannya silahkan klik "petunjuk setelan". Nanti akan keluar halaman baru, pilih "One a top-level Domain (example.com)". maka akan keluar tampilan berikut.


Nah, yang saya kasih garis bawah merah itulah pengaturan CNAME kedua yg dimaksud. Sedangkan yg bergaris bawah biru adalah CNAME pertama yg biasa kalian pakai.
Untuk pengaturan A-Record seperti biasa menggunakan 4 IP yg di sediakan.

Perlu diingat bahwa setiap Domain & Akun Blogger berbeda pengaturan untuk CNAME yg kedua ini. So, kalau kalian yg beli domain apapun di orang bukan resmi penjual domain & kalian tidak bisa mengontrol penuh domain yg di beli tersebut saya pastikan tidak akan bisa di pakai di Blogger.

Karena, ya itu tadi pengaturan CNAME kedua berbeda untuk setiap akun blogger, mana tahu si penjual domain tadi pengaturan CNAME kedua buat blog kalian, cuma kalian yg bisa mengetahui pengaturannya. Terkecuali kalau meminta si penjual domain tersebut memasangkan domain ke akun blogger dengan dia mengutak-atik akun blog kalian, saya sih ogah akun blognya di otak-atik orang asing. :p

Lagian apa enaknya beli domain bukan di penjual resmi, gak bisa kontrol penuh domain yg di beli kan?
Kaya bikin subdomain dan lain sebagainya. :p

Ini contoh pengaturan CNAME kedua yg berbeda antara Blog saya ini dengan Blognya Si Pinot

ini pengaturan di http://freedns.afraid.org :D

Yang bergaris bawah warna biru itu adalah CNAME pertama yg biasa kalian setting, sedangkan yang bergaris bawah merah adalah CNAME kedua. Lihat perbedaan pada CNAME kedua.

Jadi setelah memasang pengaturan CNAME kedua, barulah domain tadi bisa dipasang di Blogger atau blogspot.

Sekian sharing pengalaman dari saya, semoga bermanfaat... :D

Note :
  1. Bagi kalian yg sudah berhasil memakai 1 CNAME(sebelum pengaturan blogger berubah seperti sekarang) saya sarankan jangan di utak atik kalau tidak mau nanti waktu dipasang kembali akan muncul error 12 karena cuma 1 CNAME yg di pakai.
  2. Kebetulan saya menggunakan FreeDNS, untuk yg lainnya(DNSpark dan teman-temannya) saya kira juga sama pengaturannya.
  3. Setelah terpasang dengan 2 CNAME jangan sekali-kali mencopot domain tadi dari Blog kalian, karena kalau dipasang kembali maka CNAME kedua harus di atur ulang & tentunya dengan pengaturan CNAME kedua yg berbeda lagi dari yang semula. Ini terjadi pada sub-domain saya(agha.agcholic.com) pemberian dari Naru, saya copot sub-domain itu dari blog cadangan karena blog cadangan tadi buat ngetes domain fhiyuki.asia punya si Pinot. Ketika saya ingin pasang lagi malah keluar error 12 tadi, sedangkan full kontrol domain agcholicnya ada di Naru. Jadi saya gak bisa masukin set CNAME ke sub-domain agcholic.com tadi. :'(
وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

{ 3 Orang Komeng... read them below or Comment }

  1. hikss :( terharu .
    makasiih kado ultahnya baaapaaaakk T__T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak seberapa kok kadonya, Mhihi... ;) :D

      Delete
  2. Custom domain memang salah satu cara agar blog lebih terlihat profesional di mata para pengunjung, BTW thank's atas tutorialnya gan...

    ReplyDelete

Saya lebih respect kepada orang yang berkomentar menggunakan nama(ID) dibandingkan menggunakan "Anonymous", walaupun komentar itu sebuah hinaan.

- Copyright © 2013 Blog Anu(Agha) - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -